...Welcome to SuhenoxiouS...

Selasa, 04 Februari 2014

Koin Indonesia di Piala Dunia



Receh 1974


SuhenoxiouS – Kali ini kami akan membuat artikel di kategori “Kuno”. Kategori ini khusus membahas kejadian-kejadian masa lalu yang bernilai sejarah yang sayang sekali bila kita tidak mengambil hikmah di dalamnya. Apa topiknya kali ini ? Ada hubungannya juga  sih dengan pesta sepakbola akbar seluruh dunia, FIFA World Cup.

Kejadian menarik ini terjadi pada tahun 1974, tepat pada saat final Piala Dunia di Jerman Barat (Sebelum Negara Jerman re-unifikasi). Partai puncak saat itu mempertemukan dua kekuatan sepakbola Eropa yang sedang bersinar, yaitu Belanda dengan Total Voetbal-nya, berhadapan dengan semangat keras Jerman Barat. Belanda mencapai final dengan permainan indah dan atraktif dibawah komando kapten Johan Cruyff. Sedangkan Jerman sebagai tuan rumah memiliki benteng kokoh dilini belakang dibawah arahan kapten Franz Beckenbauer.

Seperti pada umumnya sesaat sebelum pertandingan dimulai, wasit terlebih dahulu mengundi tim mana yang akan mengambil bola kick-off pertama kali. Wasit yang memimpin adalah Jack Taylor,pria berkebangsaan Inggris. Pengundian pun dilakukan dengan melempar koin. Menariknya, Jack Taylor memilih koin Rp 2000 asal Indonesia. Koin tersebut merupakan terbitan Bank Sentral Indonesia tahun 1974 yang diedarkan di tanah air sebanyak 43.000 keping. Penampakkan fisik koin ini adalah pada bagian depan terdapat  gambar Garuda Pancasila, dan bagian belakang bergambar Harimau Jawa.

Koin Piala DuniaRp 2000




Indonesia yang tidak berpartisipasi pada Piala Dunia 74 tersebut bisa dibilang cukup terapresiasi dengan fakta ini. Karena, uang logam tersebut merupakan koin khusus yang dibuat
Bank Sentral Indonesia bekerjasama dengan Badan Konservasi Dunia (IUCN) serta Institut Konservasi Alam (WWF). Dana penjualan koin ini diperuntukkan kepada aksi penyelamatan hewan langka Indonesia, yakni Harimau Jawa tadi.

Khusus untuk Jack Taylor, koin seberat 25,31 gram tersebut diberikan kepadanya secara cuma-cuma. Jack dianggap sebagai wasit yang memiliki kontribusi besar dalam perkembangan wasit seluruh dunia. Jack pun sangat menyukai koin ini dengan alasan beratnya yang sangat pas serta gambar yang tertera menarik hatinya.
Fakta unik yang mengiringi koin ini selanjutnya adalah ketika babak pertama usai. Kapten sekaligus legenda Jerman ,yaitu Franz Beckenbauer, menghampiri Jack dan mempertanyakan kenapa dia memilih koin dari negeri asing sebagai penentu undian. Jack Taylor pun hanya menjawab dengan senyum sederhana kearah wajah Franz yang masih penasaran.
 
Best Refree 1974
Jack Taylor


Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

4 komentar:

  1. Balasan
    1. okehh.. sudah saatnya rasa bangga terus dipupuk buat sang garuda..

      Hapus
  2. Balasan
    1. sipp,, emang tujuannya memberi tahu kpd yg belum tahu.. Mksih dah mampir disini.. Ntar tak kunjung balik lah.. :D

      Hapus