...Welcome to SuhenoxiouS...

Jumat, 21 Februari 2014

7 FILM UNTUK CALON PEBISNIS/ENTREPRENEUR



SuhenoxiouS – Hello sobat,, kali ini kita akan membahas film-film apa saja yang dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi calon pebisnis dan atau entrepreneur. Kenapa kita perlu mengetahui film untuk calon pebisnis/entrepreneur ini ? Ya, pebisnis/entrepreneur itu adalah seseorang yang hidup diantara dua hal, yaitu keuntungan atau kerugian. Tidak ada yang bisa menjamin apakah seorang pebisnis akan tetap untung, atau terus menerus merugi. Jadi, pebisnis/entrepreneur merupakan pilihan profesi yang bisa dibilang berat, namun jika ada pebisnis yang sukses maka dia bisa disebut seseorang yang menjadi harapan orang lain, karena menyediakan lowongan pekerjaan baru.

Untuk memperteguh niat kalian yang bercita-cita menjadi pebisnis/entrepreneur, maka kami dengan senang hati menyajikan kepada kalian sebuah pemacu motivasi berdasarkan pengalaman-pengalaman pebisnis yang ada di 7 FILM UNTUK CALON PEBISNIS/ENTREPRENEUR berikut.

Pertama, Wall Street (1987)
Film Pebisnis/Entrepreneur






















Film Wall Street ini dibintangi oleh Charlie Sheen yang berperan sebagai Bud Fox, seorang stockbroker muda yang terobsesi dengan dunia keuangan. Bud Fox kemudian bertemu dengan Gordon Gekko. Gordon adalah broker kaya nan kejam yang sangat terkenal dengan jargonnya “Keserakahan adalah hal yang baik”. Meskipun begitu, Gordon Gekko menjadi mentor yang baik bagi Bud Fox. Dia mengajari bagaimana berbisnis dengan sukses beserta tips dan triknya. Bahkan, cara kotor untuk sukses di bidang trading pun diajarkannya kepada Bud. Memang Bud Fox menjadi businessman yang berhasil meraup dollar demi dollar. Namun dengan seringnya dia melakukan aksi tipu menipu karena kian terpengaruh oleh keserakahan, akhirnya petaka datang kepada Fox. Dia ditangkap karena praktiknya tersebut. Pesan moral kuat bagi calon pebisnis/entrepreneur dari film ini adalah kesuksesan bisa datang dalam satu malam, namun keserakahan adalah awal dari kehancuran bisnis yang kita usahakan.

Kedua, Jerry Maguirre (1996)
  
Film Pebisnis/Entrepreneur





















Film ini cocok sekali bagi anda yang akan memulai usaha. Tom Cruise yang berperan sebagai Jerry Maguirre dinilai sangat bagus memerankan tokoh utama ini. Berkisah tentang beberapa perusahaan agen olahraga yang melakukan cara apapun demi mendapatkan nilai kontrak tinggi pada atlet. Karena selalu mengkritik manajemen agar lebih jujur dalam berbisnis, maka Jerry pun dipecat. Kehilangan pekerjaan dank lien tidak membuat Jerry patah arang. Dia bangkit dengan membuka perusahaan agensinya sendiri di bidang olahraga juga. Kesuksesan setelah pilihan sikap Jerry Maguirre ini mengajari kita bahwa memulai bisnis memang bukanlah sesuatu yang mudah. Lebih dari itu, melakukan apa yang kita yakini secara sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang manis.

Ketiga, The Aviator (2004)























Aktor tenar Leonardo DiCaprio berakting bagus dan berdampak baik terhadap film The Aviator. Terbukti dengan diraihnya Oscar untuk film yang layak calon pebisnis saksikan ini. Menceritakan tentang Hughes Howard (DiCaprio) yang menjadi sutradara film Holywood hingga pergeseran karirnya ke bisnis penerbangan. Perjalanan membangun kerajaan bisnis baru ini sangat berliku-liku. Ia berusaha melawan perusahaan raksasa maskapai penerbangan waktu itu, Pan American Airlines. Dalam hidupnya, Hughes menderita sindrom paranoia dan phobia. Bahkan, ia sampai pada titik terendah hingga orang lain menganggapnya gila, walaupun pada akhirnya ia menjadi orang yang sangat sukses dalam persaingan dengan PAA tersebut. Pesan moral film ini adalah jangan pernah menyerah dan takut untuk berkompetisi dengan perusahaan yang lebih besar, serta tetap jalani usaha walau orang memandang rendah kemampuan yang kita miliki.

Keempat, The Pursuit of Happyness (2006)


Film Pebisnis/Entrepreneur





















Sebuah film yang cukup terkenal tentang seorang salesman yang single parent beralih menjadi stockbroker dan membangun perusahaannya sendiri. Will Smith yang memerankan Chris Gardner memulai karir sebagai salesman dari San Fransisco. Ia harus rela kehilangan rumah dan merawat putra tunggalnya setelah mengalami kegagalan finansial. Namun Gardner tidak berputus asa. Ia mengikuti program magang demi menjadi stockbroker dikelilingi oleh teman magang yang jauh lebih muda dan berpendidikan tinggi. Melalui etos kerja yang tinggi dari Gardner, menjadikan pelajaran yang luarbiasa dari film ini. Pada akhirnya, ia diterima menjadi pegawai di perusahaan broker, yang kemudian menjadi lebih sukses lagi setelah membuka perusahaan broker pribadi.

 Kelima, The Social Network (2010)


Film Pebisnis/Entrepreneur










Anda pernah dan atau masih memakai jejaring social Facebook ? Yaps, film ini berkisah tentang sejarah berdirinya facebook. CEO dan Founder Facebook, Mark Zuckerberg, memang menjadi miliarder termuda di dunia. Pendirian dan perjalanan kesuksesan facebook terbilang keras. Ia bahkan harus “membuat” rival termasuk dari rekan-rekan kuliahnya sendiri. Ide pembuatan facebook dimulai dari keisengan Mark di sebuah kamar asrama di Harvard yang membuat dia harus Drop Out dari kampus terkenal USA tersebut. Passion, kegigihan, dan kejelian menjadi pesan tersendiri bagi calon entrepreneur dari film ini. Lihatlah bagaimana Mark bersama karyawan-karyawan pertamanya mempertahankan dan mengembangkan kerajaan bisnis multi miliar dollar ini.

Keenam, TOP Secret Billionaire (2011)


Film Pebisnis/Entrepreneur























Pantang menyerah adalah kunci utama dalam berbisnis yang coba diangkat dari film biografi ini. Sebuah film inspirasional dari perjalanan pengusaha muda asal Thailand, Top Ittiphat. Pada awalnya ia hanyalah seorang anak biasa yang gemar bermain game online. Karena ada seorang teman online dari Singapura yang membeli “senjata” di game online kepadanya, Top mendapat bayaran tinggi yang cukup untuk membeli barang yang ia ingin miliki. Tidak puas disitu saja, dia mengalihkan uang tersebut dengan berbagai macam jenis usaha. Bahkan dia sampai sering ditipu oleh orang dalam memulai usahanya. Ia gagal berkali-kali pula di bisnis penjualan kacang, baik dari segi kualitas, strategi pemasaran, posisi pemasaranm, dan lain-lain. Bahkan orangtuanya sampai bangkrut dan mengajak Top keluar negeri mencari peruntungan baru. Namun, kerasnya hidup membuat Top lebih keras lagi dalam melanjutkan niat suksesnya tersebut. Sampai suatu ketika, dia terpacu untuk memproduksi makanan ringan rumput laut kemasan, Tao Kae Noi. Usahanya untuk menemukan resep terbaik untuk produk ini juga begitu berat, sampai dengan kegagalan berikutnya untuk produk tersebut diterima salah satu perusahaan ritel 7 eleven, asal Texas. Akhirnya, setelah nyaris putus asa, Tao Kae Noi menarik perhatian direktur pemasaran produk ritel tersebut serta menyetujui ide Top dan menjalin kerjasama hingga sukses sampai sekarang secara internasional.

Ketujuh, The Wolf of Wall Street (2013)


Film Pebisnis/Entrepreneur




















Kali ini Leonardo diCaprio memerankan biografi kehidupan seorang serigala bisnis dari Wall Street, New York. Film ini merupakan biografi dan kisah nyata tentang kehidupan Jordan Belfort. Pada awalnya, ia adalah karyawan pialang saham biasa. Namun dengan kegigihannya dalam bernegosiasi dengan calon pembeli saham, Jordan akhirnya hidup sukses dan glamour. Bahkan dia sanggup mendirikan perusahaan sendiri dengan bantuan beberapa orang kepercayaannya. Singkat cerita, ditengah kesuksesannya, Jordan terlibat suatu bisnis illegal  dan pencucian uang yang membuat dia diburu oleh pihak yang berwajib. Pada akhirnya dia harus mempertanggungjawabkan tindakannya itu dihadapan hukum. Pesan yang diambil dari film ini bisa kita contoh dari bagaimana perjuangan dan optimisme Jordan Belfort untuk meraih sukses. Selain itu, gaya kepemimpinannya juga patut dicontoh. Dan sekali lagi, kecerobohan Jordan di dalam film ini bisa kita jadikan peringatan untuk tetap terus berbisnis dengan selayaknya menurut hukum yang berlaku.

Demikianlah film-film apa saja yang dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi calon pebisnis dan atau entrepreneur yang kami bahas kali ini. Semoga anda bisa mengambil hikmahnya, serta memperkuat daya juang kalian dalam profesi yang mulia tersebut.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

4 komentar:

  1. hoho, makasih udah komen kembali gan.. salam sukses blogger..

    BalasHapus
  2. film "jobs" pasti belum nonton ya? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah kok gan, tapi tanggal entry ini lebih dini dari waktu prtma kali ane nonton filem itu..

      Hapus