...Welcome to SuhenoxiouS...

Selasa, 28 Januari 2014

8 Persiapan Ke Perancis, Jerman, Jepang, dan China

Germany SuhenoxiouS
China Flag SuhenoxiouS
France Flag SuhenoxiouSJapan Flag SuhenoxiouS



Suhenoxious – Ada yang berminat jalan-jalan ke France, Jepang, Jerman, ataupun China ??? Ada yang tau persiapan apa aja sih yang perlu kita  lengkapi untuk berangkat kesana ? Kali ini blog super eksplosif ini akan mencoba membahas beberapa hal yang harus kamu lengkapi untuk ke Negara-negara tersebut.

Yang pertama, Visa. Sebagai Warga Negara Indonesia yang akan ke Perancis dan ke Jerman, kamu harus memiliki visa Schengen. Kalau kalian berkewarganegaraan salah satu Negara anggota Uni Eropa, kamu ga perlu repot sih untuk buat visa ini. Tapi kenyataannya kalian ga orang Uni Eropa kan ??Jadi ya harus mengurus visa Schengen dulu. Kalau kamu mau ke Jepang dan China, kamu harus memiliki visa yang disahkan oleh Kedutaan Besar Negara China dan Jepang. Untuk visa ke China,
kamu bisa memilih jenis visa sesuai tujuanmu. Untuk tujuan wisata, kamu perlu visa L. Visa G untuk sekedar transit, visa F untuk perjalanan bisnis dan belajar/kuliah singkat, Visa X untuk tujuan belajar/kuliah selama lebih dari enam bulan, serta visa Z untuk bekerja di China.

Yang kedua, Paspor. Mengurus paspor tidak susah, kamu tidak perlu mencari jasa pembuatan paspor atau semacamnya. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi via internet atau menanyakannya kepada saudara, teman, atau siapapun yang pernah berangkat keluar negeri. Jika kamu masih bingung langsung saja datang ke kantor imigrasi setempat. Ga tau juga ? Kontak saya di twitter : @SuhenoxiouS !   #maaf, promosi :)

Yang ketiga, Tiket. Kalau mau berangkat keempat Negara ini, kalian sebaiknya naik pesawat aja. Nanti bisa kelamaan kalau naik kapal, apalagi naik odong-odong. Ga bakal sampai cepat deh, haha. Untuk naik pesawat, jangan lupa cek dulu tiketnya, apakah sudah sesuai dengan tujuan yang kamu maksud. Takutnya kamu mau pergi ke China, eh tiketmu malah mencantumkan tujuan keberangkatan ke Hongkong. Beda tipis kan ??

Yang keempat, Peta. Kenal sama Dora ?? Iya, yang tokoh kartun cewek dengan rambut bob dan cerewet itu. Masa kalah sama Dora yang kemana-mana bawa peta. Dengan peta kamu bisa melihat gambaran umum daerah yang kamu tuju, bahkan bisa lebih detail lagi. Kalau kamu punya gadget, bisa juga memanfaatkan si google maps.

Yang kelima, Nomor Penting. Kalau kamu mau ke Perancis, Jerman, China, dan Jepang, jangan lupa menyimpan nomor-nomor penting yang bisa kamu hubungi nantinya. Kalau kamu punya kenalan dari Negara tersebut, akan lebih ciamik lagi. Misalnya kamu dekat dengan Bastian Schwensteiger, atlit sepakbola nasional Jerman yang main di Bayern Munchen, Jerman. Maka, kamu bisa minta tolong sama dia kalau tersesat disana. Tapi untuk contoh yang satu ini, agak berat deh kayaknya. Emang kamu dekat dengan Bastian ??? Hihi, lebih utamakan dulu minta tolong dengan Kedutaan Besar Negara Indonesia (KBRI) yang ada disana.

Yang ke-enam, Buku Panduan Wisata. Biar kamu ga kena gegar budaya, sebaiknya baca dan miliki buku panduan wisata Negara setempat. Cari tahu bagaimana etika, budaya, dan norma mereka. Saya aja pernah ngobrol sama cowok Belanda yang satu mobil wisata dengan saya. Dia naik dari Danau Toba hendak ke Bukittinggi, Sumatera Barat. Saya lihat dia sibuk sekali membaca buku panduan wisata tentang Indonesia. Setelah kupinjam dan kubaca sebentar, buku tersebut menjelaskan kultur budaya dan lokasi menarik mulai Aceh sampai Papua. Walaupun bukunya dalam bahasa Belanda, tapi dari gambar-gambar yang ditampilkan, saya tahu buku itu sedikit menyinggung budaya Pariaman lengkap dengan pesta Tabuiknya.

Ketujuh, Pakaian. Jangan sampai salah bawa pilihan pakaian. Kalau kamu mau ke negara dengan empat musim, cek dulu disana sekarang lagi musim apa, biar ga saltum ; salah kostum. Masa pas lagi musim panas, kamu malah bawa sweater banyak-banyak. Kan ga sinkron !? Apalagi sebaliknya, kamu malah ga bawa mantel tebal, padahal tuh Jepang lagi musim salju. Mau liburan atau mau jadi boneka salju ? Hehe, becanda gan. Kamu tentu ngerti maksudku pastinya.

Kedelapan, budget yang cukup. Ini adalah tips bepergian keluar negeri yang harus kamu pertimbangkan masak-masak. Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.Tipe liburan ada 2 macam, yaitu tipe backpacker dan yang kedua adalah ekslusif. Jika kamu berkunjung ke sebuah negara dengan backpacking, maka kamu hanya perlu mempersiapkan budget yang cukup untuk pengeluaran wajib seperti menyewa kamar hotel, makan, transportasi, tiket masuk ke objek wisata, dan lain lain. Sedangkan jika kamu bepergian keluar negeri untuk shopping atau liburan mewah, maka urusan budget silakan kamu tentukan sendiri, itumah kamu yang tahu. Hehe, kalau boleh buat kamu yang tipe ini, bagi-bagilah oleh-olehnya. Kemudian kamu bisa mencatat barang atau jasa yang akan kamu beli di Negara tujuan. Jangan lupa untuk mempersiapkan uang cash karena ini akan kamu perlukan jika sedang berada berlibur keluar negeri.

Disadur dan disunting dari Buku The Pelancong Nekat, Karya Rizal Khadafi (Terbitan Bukuné) plus bacaan lain serta pengalaman pribadi penulis.

Share it to your friends..!

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

4 komentar: